DARI MANA ASAL KATA PENYULUHAN?

Membaca judul artikel ini jadi teringat peribahasa yang pernah dipelajari jaman SD dulu, 'dari mana datangnya cinta? dari mata turun ke kantong'. eh dasar cewek matre, itu peribahasa atau pantun ya? terserah deh sudah lupa. Balik ke intinya nih, berbicara tentang penyuluh dari mana sih asal katanya? dan apa sih maksudnya?. Banyak yang sudah tahu tapi masih ada masih gelap-gelap gitu hehe

Sebelum menjawab kita putar-putar dulu ya, kata emak-emak gak seru kalau tidak pakai pemanasan. Ternyata penyuluhan itu juga ada di banyak negara tapi disebutnya bukan penyuluhan tapi pakai bahasa mereka masing-masing. Di Belanda Penyuluhan menggunakan istilah Voorlichting yang berarti penerangan. Kalau di Jerman menggunakan istilah Baratung yang berarti memberikan petunjuk namun keputusan tetap kepada yang bersangkutan. Istilah mirip bahasa kita "gue kasi saran lu, terserah ellu mau ngikutin atau kagak" (hehe.. kurang lebih seperti itu kalau pakai logat Betawi). Terus ada juga yang menyebutnya sebagai Aufklarung yang berarti pencerahan. Kalau di Austria menggunakan istilah Forderung yang bermakna menggiring seseorang kearah yang diinginkan. Di Perancis pakai Istilah Vulgarization (ihh sedikit berbau sensor ya? hehe) yang artinya menyederhanakan pesan bagi orang awam. Di Spanyol tempatnya orang yang jago sepak bola dan balapan moto GP nih di sebutnya dengan Cappacitation yang artinya memberikan pelatihan. Kalau bahasa inggris menggunakan Istilah Extension, yan berarti menjangkau lebih luas. Kalau di Malaysia negara serumpun kita menggunakan kata Perkembangan. 

Karena penyuluhan awalnya berkembang di pertanian maka lebih dulu dikenal dengan Agricultural Extension, Extension Education, dan Development Communication. Sebenarnya sih ketiga istilah tersebut berbeda, tetapi ketiganya memiliki makna yang sama yaitu penyuluhan pertanian. Sedangkan istilah yang terakhir itu Development Communication untuk istilah penyuluhan yang lebih luas tidak hanya pada pertanian tetapi juga sektor-sektor lain seperti kesehatan, sosial, hukum, agama, keluarga berencana, dan sebagainya.

Di negara tercinta menggunakan istilah Penyuluhan yang berasal dari kata "suluh" yang bermakna memberikan terang di tengah kegelapan. Jadi penyuluhan bisa berarti proses untuk memberikan penerangan kepada masyarakat tentang segala sesuatu yang belum diketahui atau belum jelas. Tetapi tidak hanya sekedar memberitahukan, informasi yang diberikan harus dapat dipahami, dihayati, dan dilaksanakan oleh sasaran penyuluhan tersebut. Hakikatnya penyuluhan itu upaya untuk memberikan pendidikan kepada orang-orang yang berada diluar jangkauan pendidikan formal yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas mereka mengatasi masalah untuk mewujudkan kehidupan yang lebih baik. Kira-kira seperti itu.

Mungkin ada yang komentar "kamu sok tau amat". hiks hiks Maap saya juga cuma ngutip dari sini:

Muljono Pudji, (2007). Learning Society, Penyuluhan dan Pembangunan Bangsa. Jurnal Penyuluhan. Vol 3 (1). pp 55-62 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

APA YANG KITA KETAHUI DAN TIDAK KETAHUI TENTANG VIRUS ZIKA

MENGENAL JABATAN FUNGSIONAL PENYULUH SOSIAL